Thursday 8 January 2015

Memodifikasi Antena Telex 144 MHz untuk Pemancar FM




Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang antena telex...
Antena telex ini biasa digunakan oleh para briker di frek 144 MHz atau biasa disebut 2 meteran... Antena ini cukup banyak dijual dipasaran dengan harga berkisar 150-200rb.. Antena telex termasuk dalam kategori antena vertikal...

Nah... Sekarang mari kita memodifikasi antena ini supaya dapat digunakan pada jalur FM. Bisa dipakai untuk brik ataupun broadcast. Daya pancar antena ini cukup bagus. Sebelumnya mari kita siapkan bahannya dulu. Akan lebih mudah kalau kita beli satu set antena telex yang biasa dipake di 2 meteran. Saya biasa pake yang merk BAE Gasden.

Untuk memodifikasi antena ini kita cukup dengan menyesuaikan panjang pipa elemennya supaya pas dengan frekwensi kerja yang kita harapkan. Adapun panjang pipa elemennya bisa kita hitung dengan rumus yang sudah saya cantumkan pada gambar diatas. Panjang pipa inner (atas loading) menggunakan 5/8 Lambda, dan panjang pipa ground (bawah loading) juga menggunakan 5/8 lambda. Sedangkan cakar nya pakai 1/4 lambda.

Penampakan versi jadinya seperti ini :


Mohon maaf kalau gambar kurang jelas. Antena ini cukup panjang secara fisik... yang terlihat di foto hanya separo saja, yaitu loading ke bawah. Yang loading ke atas tidak terlihatt karena silau oleh cahaya matahari.

Dan untuk loading juga perlu kita modifikasi. Loading aslinya masih bekerja di frekwensi 144 MHz.. Perlu kita sesuaikan supaya bisa bekerja optimal di frekwensi FM.

Tentang bagaimana memodifikasi loading antena telex akan kita bahas di postingan berikutnya...

Terima kasih dan semoga bermanfaat..

12 comments:

  1. Bahas Modif loadingnya kapan kang Joe..? ditunggu secepatnya nich..

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing, ditunggu modif loading-nya, sing pauentiiing iki !!!! salam fredi-malang

    ReplyDelete
  3. loding kang....

    ReplyDelete
  4. Oye... sampai lupa mas... hehhehehe

    ReplyDelete
  5. Pak joe, punya skema + rumus untuk membuat antena gamma match ga pak,.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Yudhi Saya bisa bantu mhn saya di hubungi di hp nmor 081356184569 atau konfir di FB saya Karni Danial Palilati. jka mau maksih.

      Delete
  6. Trimaksi taas ilmu yang bapak berikan sy cukup mengerti dan dapat menambah ilmu pengetahuan saya slamat buat anda smga bermanfaat pada orng banyak dan anda mendapat pahala amin Hormat Saya Daari Provinsi Gorontalo By Karni Danial Palilati, SE YG 8 TKR. Thank You.

    ReplyDelete
  7. Ass. Bpk jika dapat saya bpk bisa bantu mhon dikirim skema Antena Hustler G9 yaaa makasih.

    ReplyDelete
  8. Gan untuk loading nya serta wipe ukuran idealnya berapa untuk ngebroadcast...?

    ReplyDelete